CORONA MENGUBAH HIDUP KITA?


CORONA MENGUBAH HIDUP KITA?
Oleh Indah Elanta

Virus Corona atau di kenal dengan istilah Covid-19, kini telah terkenal di berbagai belahan dunia salah satunya indonesia. Virus yang di temukan di kota muhan china ini masuk ke indonesia pertama kali pada bulan Maret hingga sekarang. Telah banyak yang terjangkit bahkan yang meninggal dunia akibat Covid-19 ini. Tak heran, banyak orang yang panik takut terjangkit Covid-19. Berbagai upaya dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19 bahkan terasa mengubah hidup kita.

Mau tidak mau kita harus menaati aturan pemerintahan terkait penanganan Covid -19 ini. Dampak kebijakan pemerintah salah satu nya adalah berubahnya gaya hidup kita. Memaksa kita megubah kebiasaan buruk dengan kebiasaan baik dan sehat.  Orag-orang yang biasanya menykai minum-minuman dingin kekinian, kini beralih menjadi pecinta minuman tradisional. Mereka berlomba-lomba membuat jamu sendiri di rumah dengan berbagai jenis tanaman yang berkhasiat.

Orang –orang yang tadinya masabodoh dengan kesehatan mulai ribut mencari imunitas instan. Suplemen dan vitamin yang dulu sangat banyak tersedia di berbagai apotik dan minimarket sekarang bagaikan harta karun yang sangat sulit didapatkan. Bahkan perangkat kesehatan seperti masker dan handsenitaizer menjadi barang teratas yang banyak dicari.

Orang yang biasa bangun siang sekarang mulai bangun pagi mencari sinar matahari. Bahkan yang takut kulitnya hitam karena sinar matahari, rela berjemur demi mencegah Covid-19 hadir padanya. generasi malas bangun pagi bahkan mulai meklakukan olahraga. Ketakutan memang akan memmbuat hidup kita berubah. 

Tidak hanya kebiasaan hidup saja namun kebiasaan sosial juga berubah akibat Covid-19. Seperti cara bersalam yang di lakukan  saat dalam pertemuan pemerintahan. Bersalaman yang biasanya dilakukan dengan berjabat tangan kini dilakukan dengan cara unik, yaitu dengan menyentuhkan siku masing-masing. 

Pemerintah juga tak henti-hentinya mengingatkan masyarakat untuk tidak mengadakan pertemuan dan berkerumun. Dibalik hal ini, jiwa-jiawa sosial mulai bermunculan. Banyak anakmuda bergerak melakukan penyemprotan desinfektan berkeiling kampung membagikan masker dan hand sanitizer gratis. 

Dampak virus corona ini memang terbukti membuat pola hidup kita berubah, Tidak hanya kebiassan pribadi namun kebiasaan sosial masyarakat juga berubah. Selama itu membuat kita terhindar dari virus tersebut kenapa tidak.

Indah Elanta, mahasiswa Program Studi Jurnalistik UIN Sunan Gunung Djati Bandung. 


Sumber referensi
  
 https://news.detik.com/berita/d-4935988/sejarah-salam-siku-yang-kini-populer-gegara-virus-corona

https://mataram.tribunnews.com/2020/03/18/populer-ahli-ungkap-daftar-barang-yang-harus-dibeli-di-tengah-wabah-virus-corona-bukan-masker

https://www.vivanews.com/viva-fakta/43210-berjemur-di-bawah-sinar-matahari-cegah-penularan-corona-ini-faktanya





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Angin Waktu